Review Keju Indrakila: Pekat Susu Asin Sepotong Mountain

Setelah berhasil menikmati dua jenis keju lokal; Feta &  Mozzarela buatan Boyolali dengan merek Indrakila, akhirnya lidah saya bisa merasakan sensasi yang berbeda dari keju tua jenis Mountain dari pabrik yang sama.

Maret lalu saya membeli 3 jenis keju tersebut, dengan masa kadaluwarsa pertengahan Juni 2016. Keju feta yang asin sudah ludes lebih dulu untuk campuran salad, selanjutnya mozzarela sudah menginspirasi saya untuk mencoba membuat pizza sendiri.

Masing-masing keju itu memiliki kekhsan dan peruntukannya sendiri. Saya sempat bingung mau pakai mountain kira-kira untuk apa, secara, dari reseller-nya waktu itu, Ibu Maryati, disarankan menjadi campuran pembuatan cheese cake. Repot juga, kan saya enggak/belum pernah bikin kue…

Menjelang 3 hari masa kadaluwarsa, saya nekat menggunakan keju mountain sebagai pengganti jenis keju tua lainnya (edame) untuk bahan campuran kaastengels. Saat itu masa menjelang Lebaran di mana banyak seliweran bakul kue kering dan resep yang menarik perhatian saya.

Keju Mountain adalah jenis keju tua. Pabrik Indrakila di Boyolali mengolah produk ini selama tiga bulan sebelum dikemas.

Keju Mountain adalah jenis keju tua. Pabrik Indrakila di Boyolali mengolah produk ini selama tiga bulan sebelum dikemas.

Ternyata, hasil kaastengels dengan keju mountain cocok juga lho, mungkin karena memang peruntukan keju tua paling pas di jenis kue kering asin ini. Soal rasa, kalau cermat memang hasilnya berbeda dengan kaastengels keju edame. Dengan keju mountain, kaastengels kuat banget bau susunya, ‘aroma asin’ nya sudah bisa ketebak. Paling pas kalau kue dipanggang kering agak gosong. Kriuss!

Keju mountain menghasilkan kaastengels dengan bau susu yang kuat dan 'aroma asin' yang bisa dibayangkan hihi... susah deskripsinya... gurih enak!

Keju mountain menghasilkan kaastengels dengan bau susu yang kuat dan ‘aroma asin’ yang bisa dibayangkan hihi… susah deskripsinya… gurih enak!

Sebelumnya, di awal percobaan rasa, kenju mountain saya campurkan ke adonan quice bayam. Hasilnya kurang pas, soalnya keju pekat bau susu kuat, menurut saya terlalu kuat. Bagi yang suka keju & susu, saya rasa cocok juga sih menyampurkan keju mountain untuk quice, sekalian inovasi rasa hehe.

Keju mountain untuk campuran quiche bayam kukus. Kurang pas ya menurut saya.

Keju mountain untuk campuran quiche bayam kukus. Kurang pas ya menurut saya.

Tentang ninangablak

menulis rupa-rupa, mengamati, perjalanan, merenung, menikmati.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di CERITA DAPUR, F & B dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s