Bikin French Toast Sederhana

Roti tawar bisa jadi akan membosankan yaaa, kalau dimakan hanya dengan mentega, susu, keju, atau gula pasir saja.

Bisa juga sih dimakan dengan sayur dan telur ceplok jadi sandwich. Tapi, kali ini saya enggak mau bikin sandwich-sandwich-an lah, mau kreasi lain mumpung punya telur dan susu.

french toast a la saya asin saja karena memilih susu bubuk tanpa gula.
french toast a la saya asin saja karena memilih susu bubuk tanpa gula. (nina)

Yang sederhana untuk mendapatkan rasa lain dari roti tawar sebenarnya banyak juga langkahnya, soalnya ini makanan bisa dibikin macem-macem.

Yatapi sayanya pengin nyoba roti tawar yang ada di rumah buat jadi french toast. Roti goreng mentega rasa susu telur.  Kalau beli di warung kopi modern bisa mahal harganya, coba sinih bikin sendiri, kali aja rasanya bisa kayak duduk berdua di kafe sembari menanti hujan reda ditemani suami tercinta. Halah.

Ng, gini aja, saya udah nyoba bikin, singkatnya demikian:

Bahan

  • Sebungkus roti tawar isi 10 helai
  • 1 atau 2 telur
  • Setengah sch susu kental manis/dua sendok susu bubuk kalau tidak ingin terlalu manis/setengah gelas susu UHT
  • Mentega secukupnya untuk memanggang/menggorengnya

    begini tahapannya.
    begini tahapannya.

Cara Membuat:

  • Potong lembaran roti tawar jadi dua bagian biar menggorengnya gampang dan tidak terlalu besar
  • Kocok telur bersama susu. Kalau memilih susu bubuk berarti tambahkan air setengah gelas
  • Siapkan penggorengan dan panaskan mentega secukupnya, api sedang
  • Celupkan roti ke dalam cairan telur susu dan goreng hingga warna kekuningan dan telur dalam roti matang
  • Angkat dan siap disajikan. Bisa dimakan langsung atau ditaburi gula pasir.

Nb: bisa juga dilipas diselipi keju atau selai atau krim coklat dll.

Coba juga resep yang ini, Resep Bola Bola Coklat Sempel

Selamat mencoba 🙂

Resep Gampang Gratin Brokoli Kentang

Salah satu menu simpel yang saya coba adalah gratin. Sebelumnya, saya tidak tahu nama masakannya, kemudian suatu ketika saya makan jenis yang cukup mirip di salah satu hotel di negeri singa. Tentu saja rasanya lebih nikmat. Saya intip namanya: potato gratin.

Karena menyukai rasanya, juga bahan utama yang gampang didapatkan, saya beberapa kali mencobanya. Seperti biasa, mengandalkan pengawuran tanpa resep. Kalau pada umumnya gratin lebih mengutamakan bahan baku kentang, saya memilih brokoli. Tetapi pernah menyampurkan keduanya. Ternyata memang ada brocolli gratin hehe.

gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.
gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.

Ini resep simpel gratin brokoli-kentang a la @ninangablak :

Bahan
– Dua kentang ukuran sedang iris tipis 0,5cm
– Satu batang brokoli besar potong kecil
– Daging asap/ham
– Mozzarella (saya siapkan seukuran staples sedang)
– Keju serut secukupnya, enggak pakai gpp
– Basil/peterseli kering
– Lada hitam bubuk
– Butter/mentega untuk oles wadah

sekilas prosesnya segampang ini :) yang warna kuning itu butter.
sekilas prosesnya segampang ini 🙂 yang warna kuning itu butter.

Cara membuat
– Kentang dikukus hingga matang, sisihkan, menyusul brokoli dikukus dan sisihkan
– Olesi wadah tahan panas dengan mentega/original butter
– Tata kentang di lapisan bawah lalu brokoli
– Taburi keju dan basil
– Timpa lagi dengan kentang dan brokoli
– Beri cacahan daging, taburi basil + keju dan ditutup potongan tipis mozzarella
– Kukus hingga mozarella meleleh ataau bisa dipanggang oven.

Dengan takaran di atas, gratin bisa dinikmati untuk 3 orang.

Saya sengaja tidak menambahkan susu karena jenis masakan dikukus. Kalau untuk di oven bisa tambahkan susu cair yang sudah dicampur sedikit maizena.

Resep Frech Toast: Ini resep french toast rumahan

Selamat memasak. Selamat menikmati. Semoga bahagia. 🙂

 

nyammeeeh
soal rasa, dijamin nyammeeeh

Bola Bola Coklat dari Dapur Sendiri

Bola-bola coklat! Yuhuu, itu salah satu kesukaan mas bojo…aarrgggh, lemu, lemu! Eewww.

Selama ini pula, menikmati bola bola coklat dari membeli -setiap kali melihatnya di deretan aneka kue- soalnya jenis camilan berat ini tak banyak dijual. Setidaknya, setahu saya begitu.

bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)
bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)

Nah, pekan ini kami bisa menikmati legitnya bola bola coklat agak puas, soalnya ada yang bikinin di rumah. Temanku Yosefa Charita membuatnya di pondok sumuk permai di Semarang. Ihiy, lumayan banget.

Baru sepekan dia datang ke rumah, sudah mbantu masak dan tentunya bikin bolbolcok. Yuk mari intip cara buatnya; gampang kok.

Bahan:
– 30 biskuit marie (bisa berbagi 15 marie, 10 oreo)
– 2 bks susu kental manis coklat
– sebungkus kecil meses
– setengah cangkir susu krim cair (atau bisa diganti air putih saja)
– dua tetes rhum, enggak pakai tak apa 😁

Cara membuat:
– hancurkan marie dan oreo yang sebelumnya dipisah dari gulanya
– tuangkan susu kental manis, campur rata (kalau pakai rhum campur sekalian)
– kalau masih belum bisa dibentuk bola bola, tambahkan air menyesuaikan saja
– bentuk adonan jadi bulatan
– tuang meses di wadah yang beda dan gulirkan bola bola coklatnya
– bisa didinginkan dulu di freezer dan siap disantap.

bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.
bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.

Lumayan banget loh, dari total bahan yang disiapkan kira-kira habis Rp35.000 bisa jadi ±20 bolbolcok diameter 2,5cm.

Mau kreasi ayam? Bisa coba ini Resep Ayam Ungkep Bumbu Simpel

Yang mau coba, silakaaan 🙂

wpid-wp-1438224035047.jpeg

Bikin Cendol Dawet Instan

Saya termasuk penyuka kuliner tradisional Jawa, termasuk aneka jenis minuman daerah dan jejamuan. Yang khas dari minuman daerah Jawa (Tengah) adalah es dawet atau banyak juga yang menyebut es cendol.

dawet bikinan sendiri. rasanya mayaan.
dawet bikinan sendiri. rasanya hmm lumayaan 🙂

Ngomong soal dawet, yang terlintas seringkali minuman khas Banjarnegara. Membayangkannya bikin hauuus. Minuman bersantan dengan isian dawet/cendol dan pemanis gula jawa atau sirup. Yang mau sedep lagi bisa ditambahkan irisan nangka saat merebus gula jawa.

Sekarang ini, bikin dawet atau cendol tidak terlalu sulit. Soalnya, sudah ada bahan instan di sejumlah toko swalayan. Alhasil, saya yang belum pernah membuat dawet, bisa dengan berhasil menciptakan butiran kenyal yang warnanya ijo ituuu…

bahan dawet instan harganya Rp7.500 sebungkus
bahan dawet instan harganya Rp7.500 sebungkus

Ringkasnya demikian:
– beli satu bungkus bahan instan tepung dawet merek ‘sruut’. bisa pilih rasa pandan hijau, frambozen merah, dan vanila putih.
– komposisinya tepung sagu, tapioka, tepung kacang hijau, perisa

campuran bahan dawet instan sudah mulai mengental ketika dimasak di atas api sedang
campuran bahan dawet instan sudah mulai mengental ketika dimasak di atas api sedang

Cara membuat:
– campurkan 100gr sebungkus bubuk tepung dengan 600cc air, aduk rata
– panaskan di atas api sedang, aduk perlahan hingga tepung dan air mengental dan berubah warnanya kematangan
– siapkan wadah berisi air dingin/es untuk menampung dawet
– tuangkan bahan dawet yang mengental dengan cetakan. saya pakai parutan bumbu yang lubangnya agak besar
– dawet/cendol akan terbentuk setelah masuk ke air es dan siap disajikan jadi minuman

 

saya pakai parutan untuk mencetak dawet hehe
saya pakai parutan untuk mencetak dawet hehe

 

 

untuk santan saya cairkan santan instan dengan 4 gelas air lalu tambahkan gula merah/pasir sesuai selera, tabur sedikit garam untuk memantapkan rasa. Mantaaap.

 

wpid-img_20150623_213140.jpg

 

 

 

 

 

dawet bikinan sendiri mah enak aja 😀

MUESLI: Bekal Praktis daripada Jajan

Mau makan apa ya? Enaknya makan apa nih? Warung mana yang buka?

Kira-kira pikiran itu mampir di benak kalau sudah mendekati jam makan di sela pekerjaan. Nah, dalam beberapa bulan terakhir, saya sengaja menyempatkan diri untuk menyiapkan bekal makan, baik itu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Ini menu praktis, muesli dengan stroberi - kurma (mumpung lagi banyak dijual)
Ini menu praktis, muesli dengan stroberi – kurma (mumpung lagi banyak dijual)

Lhah, iya, pekerjaan saya kadang jadwal pagi, kadang siang, seringkali juga hingga larut malam. Jadi makanan yang praktis disiapkan dan tidak lekas basi jadi pilihan.

Apalagi, -alasannya- pekerjaan di dalam ruangan menuntut saya untuk ‘jaga gawang’ di depan komputer. Meskipun sebenarnya ada jam istirahat, tampaknya justru penyakit malas yang jinak, jadi suka beranjak dari tempat duduk maupun ke luar ruangan saat jam makan siang atau bahkan makan malam kalau pas ada piket lepas jam 19.00 wib.

Jadinya, muesli menjadi salah satu andalan. Nyiapinnya singkat, bahannya cukup gampang didapat, dan bisa tahan cukup lama di suhu luar ruang, apalagi kalau ditaruh di kulkas kantor.

Muesli, apa itu? Bagi yang awam dengan nama ini, SAMA, saya juga awalnya tidak tahu. Bahan ini bisa didapatkan di supermarket kok, ada yang merek supermarketnya, ada juga yang merek khusus. Saya belinya yang merek LOWAN, soalnya ya cuma itu yang tersedia. Ada dua pilihan, warna kuning untuk biji-bijian yang manis dan merah kecoklatan untuk yang hambar.

Keterangan detil soal muesli bisa dilihat di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Muesli.

Muesli dengan potongan stroberi. Untuk menikmatinya, cukup ditambahkan susu atau kalau suka bisa pakai yogurt biar tambah kecuuuttt
Muesli dengan potongan stroberi. Untuk menikmatinya, cukup ditambahkan susu atau kalau suka bisa pakai yogurt biar tambah kecuuuttt

Sederhananya, muesli itu biji-bijian kering dari buah dan kacang yang dikeringkan, macam oatmeal. Untuk menikmatinya, biasa direndam dengan yoghurt, kefir, susu, juga jus buah beberapa menit.

Saya belum pernah coba muesli berkuah jus, lain kali lah pasti akan dites lidah. Tapi, muesli dengan yogurt bukan kesukaan saya, rasanya kecut dan hambar muesli jadi tambah nggak cocok di lidah.

Jadinya, selama ini yang pas ya muesli saja dengan susu tanpa lemak. Beberapa paduan yang pernah saya buat:

Muesli yang direndam lebih dari 4 jam tetap oke dimakan
Muesli yang direndam lebih dari 4 jam tetap oke dimakan

– muesli + stroberi + susu

– muesli + stroberi + kurma + susu

– muesli + pisang + yogurt + susu

– muesli + pisang + susu coklat manis

 

 

 

Untuk takarannya menyesuaikan selera saja, yang jelas susu/yogurt dituang hingga muesli terendam. Kalau suka agak lembek ya rendam lebih dari sejam, yang suka agak kriuk bisa rendam 10-15 menit saja. Saya sih suka rendam 4-5 jam karena langsung untuk bekal di kantor, so far rasanya tetap masuk.

Ini menu praktis, muesli dengan stroberi - kurma - susu segar.
Ini menu praktis, muesli dengan stroberi – kurma – susu segar.

Dari paduan kuahnya, lidah saya lebih memilih susu tanpa lemak. Pilihan susu coklat manis, susu krim vanila, dan yogurt tidak pas.

Tentu saja ya, ‘bubur biji’ setengah mangkuk bisa bikin kenyang. saya biasanya hanya 4-6 sendok teh muesli dicampur setengah gelas susu. kenyangnya luar biasa.

Puding Telur Gula Jawa

Menu agar-agar atau puding telur dengan manis gula jawa ini saya dapat dari teman kantor duluuu, pada 2008.

Karena saya suka dengan gurih santan dan legitnya gua jawa, tertariklah untuk tahu bagaimana membuatnya.

puding atau agar-agar telur gula jawa. legit kenyal.
puding atau agar-agar telur gula jawa. legit kenyal.

Tyas Ratnawati, teman saya itu, kemudian memberi tahu detil resepnya, sayang saya lupa. Alhasil, agar-agar telur gula jawa yang saya bikin adalah hasil mengingat sebagian langkah dari pembuatan pudingnya Tyas. No problem, rasa tetap masuk di lidah, apalagi lapar.

wpid-img_20150620_140151.jpg

ini versi yang telurnya pecah saat diaduk hehe
ini versi yang telurnya pecah saat diaduk hehe

 

 

penyajiannya bisa ditaruh di mug/gelas jadi sekalian bisa disantap, atau juga bisa diiris tipis.

 

Kalau mau coba, bahannya berikut ya:
– 1 bungkus agar-agar, biasanya saya beli yang merek swallow
– 1 telur ayam
– 1,5 – 2 gula jawa diameter 5cm
– garam secukupnya
– air 2,5 gelas
– santan 1 bungkus (sch)

Cara membuat:
– tuang air dan campur dengan bubuk agar-agar, masukkan gula jawa yang sudah diserut
– masak di api sedang hingga gula jawa mencair lalu saring (kalau pengin agar-agarnya jernih, karena gula jawa biasanya ada serat kelapa atau pasirnya)
– tuangkan santan instan, tambahkan garam seperlunya, aduk rata
– setelah hampir mendidih, masukkan telur ayam yang sudah dikocok ringan – aduk santai saja
– tuang di wadah/cetakan puding, diamkan, dan siap disantap

*bisa juga ditambahkan irisan nangka untuk tambahan rasa