Ayam Kampung Goreng a la Bu Toha

Bicara ayam goreng sudah umum banget yaaa. Para penghuni dapur palingan juga udah hafal luar kepala untuk bumbuin makanan sejuta umat ini. Apalagi, sekarang banyak banget dijual bumbu instan atawa bumbu jadi buatan pedagang pasar.

Begitu pula saya, udah bejibun upaya goreng-menggoreng daging ayam. Dari modal geprek bawang putih dan tabur merica-garam, sampai yang gampang tinggal gulungin daging fillet ke tumpukan tepung bumbu.

Model yang goreng kremes, goreng basah (bacem), sampai goreng tepung udah dijabanin. Tapiiii, pengin banget ih bikin yang kayak dijual di warung ‘Ayam Bu Toha’ Tuntang, arah Salatiga.

Yang pernah ke sana pasti tahu deh, ayam kampungnya gurih disajikan panas dengan sambal bawang super hot dan lalapan yang seger abis.


ayam ungkep goreng. saya pakai gula jawa jadi lebih manis, kalau modnya Bu Toha asin gurih yaaa.

Jadilah cita-cita bikin ayam goreng gurih model Bu Toha coba dipraktik di rumah. Yaaa, jadinya lebih manis tapi gurihnya dapet lah yaa… [Saya menduga sendiri] Ayam gorengnya pakai bumbu ungkep kuning.

Bahan & bumbu dihaluskan:

  • 1 ayam kampung utuh & potong
  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 3 cm ruas kunyit
  • 1 cm ruas jahe (bisa skip)
  • 1 sdt ketumbar tumbuk
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula (bisa skip)

Bumbu tambahan:

  • 2 iris lengkuas (bisa diparut/dihaluskan)
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Batang serai
  • Air jeruk nipis buat baluran daging ayam juga boleh
  • Minyak untuk goreng bumbu
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus, panaskan minyak dan goreng bumbu halus disusul bumbu tambahan hingga harum
  2. Masukkan ayam dan ungkep goreng sebentar lalu tambahkan air & garam
  3. Cicip rasa, setelah pas dan ayam empuk, bisa disisihkan
  4. Ayam siap digoreng, atau bisa juga langsung dimakan bagi yang udah kelaperan

Selamat mencoba!

Siomai/Dimsum Daging Sapi

Percobaan pertama membuat siomai daging sapi dengan tekstur daging yang begitu terasa, bukan hanya untuk ‘perasa’. Jika daging hanya untuk menambah rasa saja, takaran daging dikurangi dan tepung bisa ditambahkan.


siomai daging sapi. pas.

Berikut resepnya.

Bahan & Bumbu

  • 150 gr daging sapi giling
  • 2 sdm tepung sagu/tapioka
  • wortel, potong dadu kecil
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur (bisa pakai putihnya saja)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • 2 siung bawang putih, geprek dan cacah
  • 10 lembar kulit pangsit (ada pilihan ‘basah’ untuk kukus dan ‘goreng’)

    campuran bahan & bumbu.

Langkah membuat (30 menit)

  1. Campur semua bahan & bumbu kecuali kulit pangsit 😁
  2. Panaskan kukusan
  3. Siapkan kulit pangsit, isi dengan bulatan adonan lalu susun di atas kukusan
  4. Kukus kurang lebih 20 menit atau sampai matang
  5. Sajikan dengan saus yang bisa dibuat sendiri dari rebusan tomat dan cabai dihancurkan lalu tambahkan sedikit garam. Atau cocol kecap pedas.

    bungkus… kukus..
    selamat mencoba.

Ayam Kuah Asam Tanpa Santan (Bumbu Woku)

Olahan ayam kuah kali ini saya ambil dari resep woku khas Manado. Tidak pakai bumbu lengkap, tetapi tidak pula mengurangi hasil akhir rasa masakan daging ayam kali ini. Segera saja ya, ini resep ‘ayam kuah asam‘ bumbu woku yang saya bikin.

ayam kuah asam bumbu woku, segar.
ayam kuah asam bumbu woku, segar.

Bahan:

  • 2 potong dada ayam tanpa tulang, potong-potong
  • saya tambahkan labu siam, bisa skip
  • jeruk nipis, ambil airnya untuk dilumurkan ke potongan daging
Bahan & bumbu ayam kuah asam
Bahan & bumbu ayam kuah asam

Bumbu:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt gula & garam atau menyesuaikan
  • lengkus, daun salam, daun jeruk, batang serai
  • tomat, kemangi, cabai sesuai selera
  • minyak untuk menumis bumbu

Cara Memasak:

  1. Lumuri potongan daging dengan perasan jeruk nipis, diamkan sembari menyiapkan bumbu halus
  2. Haluskan bumbu bawang, kunyit, kemiri & cabai (bisa dipotong) lalu tumis hingga harum
  3. Tambahkan salam, lengkuas, daun jeruk, & serai, selanjutnya beri 2 gelas air
  4. Masukkan potongan daging ayam, dan labu siam saat air berbumbu sudah mendidih; tambahkan garam dan gula lalu tutup 6 menit
  5. Masukkan potongan tomat, jika berkenan bisa ditambah potongan daun bawang atau daun kemangi, cocok juga. Tambahkan sesaat sebelum diangkat.
  6. Cicip rasanya dan matangkan

Sambal Goreng Ati & Buncis

Sambal Goreng Ati


warnanya pucat karena cabainya sedikit
warnanya pucat karena cabainya sedikit

Bahan:

  • 1/4 kg Hati ayam
  • Buncis untuk campuran
  • Minyak goreng

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih (saya tambahkan bawang bombai)
  • 3 siung bawang merah
  • cabai keriting merah
  • 1/2 ruas jahe
  • 1 butir kemiri utuh
  • Seiris laos
  • 1 sdt minyak goreng
bahan & bumbu berdampingan

Bumbu tambahan:

  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai (bisa skip)
  • Garam, gula jawa, secukupnya

Cara memasak:

  1. Kukus/masak ungkep hati hingga berubah warna, angkat tiriskan dan potong dadu
  2. Bersihkan buncis dan potong, lalu sisihkan
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, & potongan tomat
  4. Selanjutnya masukkan potongan hati & buncis lalu beri sedikit air untuk meresapkan bumbu
  5. Tambahkan garam & gula lalu koreksi rasa, tunggu hingga air asat dan bumbu mengental lalu siap diangkat.

Balungan Model ‘Sogul’

Yang pernah tinggal di Jogja lima tahun terakhir mungkin pada kenal warung ‘Sogul’ yaa, apalagi yang maniak pedes, bakal puas deh milih selera cabainya. Saya mencoba membuat salah satu menu andalan dari warung Sogul itu, Balungan!

balungan masak sendiri
balungan masak sendiri

Jangan anggap balungan tuh isine balung thok ya, soalnya tetap ada dagingnya kok. Cukup tahu lah ya, kalau daging nempel tulang lalu dimasak dan kasih bumbu yang pas, jadinya tetep enak. Pada menu kali ini, saya bikin dengan tingkat kepedean yang … sok-sokan, dengan bumbu ngawang-awang, tetapi ternyata jadi juga. Rasa oke lah ya. Mari kita…

Bahan & bumbu:

  • 2 tulang dada ayam, potong-potong
  • 5 siung bawang putih, geprek lalu cacah
  • 1 bawang bombai ukuran sedang, cacah
  • 3 batang daun bawang, potong-potong
  • 1 sdt merica bubuk putih
  • 2 sdt merica bubuk hitam
  • 1/2 sdt garam atau menyesuaikan
  • 4 sdm kecap manis (saya pakai kecap ‘Lele Pati’)
  • 1 buah tomat kecil, potong-potong
  • cabai sesuai selera
  • minyak goreng & air secukupnya
bumbunya dari klan bawang & dua jenis merica
bumbunya dari klan bawang & dua jenis merica

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis daun bawang hingga layu, menyusul bawang putih, bombai, lalu tomat
  2. Jika bumbu goreng sudah harum, tambahkan merica, cabai, dan kecap disusul potongan tulang dada ayam
  3. Tambahkan 1-2 gelas air dan beri garam
  4. Tutup wajan hingga daging matang sambil koreksi rasa, jika asat dan daging belum empuk bisa tambahkan air lagi
  5. Biarkan air menyusut dan bumbu menjadi lebih kental. Angkat dan siap dinikmati.

Sapi & Paprika Masak Lada Hitam

sapi lada hitam
sapi lada hitam

Menurut saya, masakan sapi lada hitam itu akan tambah sedap kalau pakai potongan paprika -yang hijau lebih pas-. Bumbu lainnya menyempurnakan rasa. Resep yang saya cantumkan cukup untuk dua porsi saja hehe.

Bahan & bumbu:

  • 100 gr daging sapi potong dadu/pipih
  • 1/2 buah paprika, potong
  • 1/2 bawang bombai kecil, cacah
  • 2 siung bawang putih, geprek-cacah
  • 1/2 sdt bubuk lada hitam
  • garam, gula, (bubuk kaldu kalau ada) secukupnya
  • 3 sdm minyak untuk menggoreng bumbu
    bahan dan bumbu, nyoba sikik sikik laaah...
    bahan dan bumbu, nyoba sikik sikik laaah…

Cara memasak:

  • panaskan minyak, masukkan bawang putih dan bombai, kalau sudah harum beri daging sapi potong, lada hitam, garam, gula
  • jika daging sudah matang, tambahkan potongan paprika dan campur hingga agak layu
  • angkat dan siap disajikan sebagai teman nasi putih.
  • bisa banget tambah cabai hijau bagi yang suka pedas