Gratin Kentang Masak Rice Cooker

Bikin gratin umumnya dipanggang pakai oven atau microwave kali ya. Saya nyoba yang simpel dan enggak ribet, pakai rice cooker. Berarti cara masak menu asal Perancis ini bisa dilakukan anak kos-kosan loh.

gratin kentang masak rice cooker.
gratin kentang masak rice cooker.
penampakan gratin matang
penampakan gratin matang

Mari kita rinci langkah membuatnya:
Bahan:
5 kentang ukuran tanggung, cuci & iris tipis
1/4 kg ayam potong, iris tipis
Keju leleh, keju parut
Keju mozzarella
1/4 gelas susu cair

Bumbu:
2 siung bawang putih, geprek
1 sdm butter/mentega
Sejumput lada hitam
Sejumput basil kering/kemangi/oregano
1 sdm tepung terigu
image

Cara membuat:
– Potongan ayam diungkep pakai bawang geprek lalu dikukus
– Susulkan potongan kentang untuk dikukus bersama sampai setengah matang
– Angkat dan susun di kentang-ayam di dalam rice cooker
– Siapkan wajan/teflon dan cairkan margarin/butter
– Campurkan semua bumbu yang tersisa dan tepung hingga rata, tambahkan susu cair
– Tuangkan bumbu cair itu ke atas tumpukan kentang-ayam
– Parut keju & mozzarella dan taburkan hingga menutupi kentang
– Pasang mode cooking di rice cooker hingga keju meleleh
– Taraaaa, gratin kukus rice cooker siap disantap

Membuat Mashed Potato Nan Lezat

Saya beberapa kali menikmati kentang tumbuk atau mashed potato yang enak di berbagai menu, baik itu beli sendiri maupun sewaktu menghadiri acara tertentu alias ditraktir. Tapiii, kadangkala, harapan pada kentang tumbuk di depan mata itu suka berlebihan, bayangannya enaaaak melulu, padahal kadang tidak selalu begitu juga.

Alhasil, saya mencoba membuat sendiri, sekalian pengin membuktikan kentang tumbuk buatan sendiri itu bisa bersaing enggak sih dengan yang pernah dimakan di luar sana.

Jawabannya ternyataa, BISA BANGET. Bahkan lebih enak. Eh, sombong banyak boleh laaah,.. Jadi, kuncinya ada di keju, susu, dan mentega/butter. 

Saya memilih tidak mengupas kulitnya, enak juga kok.
Saya memilih tidak mengupas kulitnya, enak juga kok.

Bahan:
– 5 kentang ukuran sedang, (kupas) & potong
– 1 gelas susu cair, bisa full cream atau yang bebas lemak
– 2 blok keju leleh atau sekira 2 kotak ukuran tempat korek api kayu

Bumbu:
– 2 sdm mentega/butter yang asin (saya tidak menambahkan garam lagi)
– 1/2 sdt lada hitam/lada putih
– sejumput basil kering untuk menambah rasa, tidak pakai no problem

Cara membuat:
– Kentang potong dikukus hingga matang. Angkat dan hancurkan pakai sendok/garpu
– Siapkan wajan teflon, cairkan mentega, masukkan semua bumbu
– Susulkan keju leleh dan susu cair
– Terakhir masukkan kentang yang sudah dihancurkan dan aduk merata. Taburkan basil kering. Angkat untuk siap dinikmati.

Hasilnya bikin lidah bergoyaaang.
Hasilnya bikin lidah bergoyaaang.

Tumis Jagung Muda

Resep tumis sudah sangat ‘mendunia’ kan ya… ah, tentu saja. Tinggal bagaimana meraciknya sesuai bahan yang akan dimasak.

Ini resep tumis jagung muda & tempe buatanku. Masak tumis tanpa lengkuas dan daun salam. Rasanya ya tetep tumis kok.

image
tumis jagung muda-tempe

Bahan:
1/4 kg jagung muda atau sekitar 8-10 batang
1 balok tempe potong ukuran sedang

Bumbu:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cabai rawit merah
2 sdm kecap (kuda prima buatan Grobogan: enak!)
1 sdt kecap raja rasa
Daun bawang/kucai untuk penambah rasa
Garam sesuai selera
Minyak goreng

Cara mengolah:
– Cuci bersih jagung muda dan potong tipis
– Potong semua bumbu rempah kecuali bawang putih geprek aja
– Panaskan minyak lalu goreng potongan tipis tempe jingga setengah matang
– Masukkan bumbu bawang putih langsung nyampur ke gorengan tempe, menyusul semua bumbu potong… oseng sampai bumbunya harum
– Tambahkan saus raja rasa, kecap. Kalau kurang asin baru ditambah garam
– Sreng sreng cicip lalu santaaap

Ada yang beda dari para pemasak lainnya kan ya, cara saya menumis bumbu bukan di awal tapi tahap kedua setelah menggoreng tempe.

Ini trik n tips saja, bagi perempuan bekerja yang tetep masih pengen masak buat rumah tapi waktu terbatas karena berbagi dengan jam kerja. 🙂

Brokoli-Mozzarela Kukus [Panggang]

Membuat camilan seringkali menyenangkan, kita bisa bikin sesuai selera dan mengira-ira bagaimana rasanya. Nah, bosan makan brokoli dalam mangkuk sup atau goreng tepung? Bisa nih ubah cara olah menjadi model makanan lainnya. Brokoli tutup keju. Rasanya bisa dibayangkan deh nikmatnya.

brokoli mozzarela kukus. nikmat tak terkira.
brokoli mozzarela kukus. nikmat tak terkira.

Keju yang saya pilih jenis mozzarella, bukan melting cheese, soalnya biar teksturnya lebih menyatu dengan brokoli. Yaelah bahasanya…

Menu kali ini namanya sesuai bahan utama, brokoli mozzarela kukus. Mari kita rinci bahan dan cara masaknya.

 

bumbu dan bahan utama
bumbu dan bahan utama

Bumbu:
1 sdm mentega
1 sdt kemangi kering
1/2 sdt lada hitam
[bisa ditambahkan 1 sdm maizena yang dikentalkan dengan air panas]

Bahan:
– Sekuntum brokoli, potong dan cuci bersih
– Mozzarella sesuai kebutuhan, seukuran kotak rokok deh
– Wadah/cetakan untuk mengukus/panggang

Cara membuat:
1. Rendam brokoli potong di air mendidih 2 menit, tiriskan
2. Campur semua bumbu dengan brokoli
3. Ambil brokoli berbumbu dan tempatkan di wadah/cetakan
4. Beri potongan/parutan mozzarela
5. Kukus/panggang hingga matang/keju meleleh
6.Angkat & siap disantap

rangkaian membuat brokoli mozzarela kukus/panggang.
rangkaian membuat brokoli mozzarela kukus/panggang.

Gampang kan ya. Jangan lupa mencoba 🙂

Salad Selada Tuna

Membuat salad sayur itu gampang-gampang kadang susah, apalagi untuk nemu racikan yang pas sebagai dressing-nya.

Sejauh ini saya lebih suka membuat dressing atau saus sendiri yang rasanya lebih ringan. Tidak memilih mayonaise atau thousand island karena ‘terasa berat’ untuk lidah saya, dalam arti agak enek 😀

Saat memiliki selada keriting [lollo verde] tidak jarang saya membuatnya menjadi salad. Enggak usah macem-macem bahan campurannya. Kali ini pilihan pendamping jatuh pada seonggok ikan tuna.

bahan salad. seger penampakannya, rasanya juga pasti seger jadinya.
bahan salad. seger penampakannya, rasanya juga pasti seger jadinya.

Yuk mari rinci bahan salad dressing;

  • 2 siung bawang putih, geprek dan cacah
  • 8 sdm olive oil
  • 1 sdm cuka apel/perasan jeruk nipis
  • lada hitam bubuk, secukupnya
  • tuang dan campur dalam mangkuk kecil sambil dicicip sudah pas atau belum rasanya

bahan salad;

  • segenggam selada keriting, potong besar-besar
  • separuh bawang bombai kecil, iris memanjang
  • separuh paprika, iris memanjang
  • jagung serut/pipil kemasan swalayan, kira-kira segenggam
  • 1 wortel ukuran sedang, parut kasar/cacah
  • daging ikan tuna 200 gram
  • lada hitam bubuk
  • margarin/mentega asin

cara membuat;

  • ikan tuna dilumuri mentega dan lada hitam lalu digoreng di atas api kecil hingga matang dan berubah warna kecoklatan
  • membuat saladnya hanya dengan menyampurkan bahan yang tersisa lalu campurkan dengan tuna yang telah matang dan sudah dipotong/cacah
  • ambil satu porsi baru diberi salad dressing.

    tarrraaa, salad selada tuna. kecut seger kraus kraus.
    tarrraaa, salad selada tuna. kecut seger kraus kraus.

catatan: sebaiknya dressing dipisah jika salad akan disimpan dan tidak sekali habis dimakan. biar salad lebih awet segarnya, saat menyimpan dalam kulkas wadah & penutup dilapisi kain kering biar menyerap air dan tidak membuat salad becek.

Ini kreasi roti tawar & telur jadilah Sandwich Telur

Resep Gampang Gratin Brokoli Kentang

Salah satu menu simpel yang saya coba adalah gratin. Sebelumnya, saya tidak tahu nama masakannya, kemudian suatu ketika saya makan jenis yang cukup mirip di salah satu hotel di negeri singa. Tentu saja rasanya lebih nikmat. Saya intip namanya: potato gratin.

Karena menyukai rasanya, juga bahan utama yang gampang didapatkan, saya beberapa kali mencobanya. Seperti biasa, mengandalkan pengawuran tanpa resep. Kalau pada umumnya gratin lebih mengutamakan bahan baku kentang, saya memilih brokoli. Tetapi pernah menyampurkan keduanya. Ternyata memang ada brocolli gratin hehe.

gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.
gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.

Ini resep simpel gratin brokoli-kentang a la @ninangablak :

Bahan
– Dua kentang ukuran sedang iris tipis 0,5cm
– Satu batang brokoli besar potong kecil
– Daging asap/ham
– Mozzarella (saya siapkan seukuran staples sedang)
– Keju serut secukupnya, enggak pakai gpp
– Basil/peterseli kering
– Lada hitam bubuk
– Butter/mentega untuk oles wadah

sekilas prosesnya segampang ini :) yang warna kuning itu butter.
sekilas prosesnya segampang ini 🙂 yang warna kuning itu butter.

Cara membuat
– Kentang dikukus hingga matang, sisihkan, menyusul brokoli dikukus dan sisihkan
– Olesi wadah tahan panas dengan mentega/original butter
– Tata kentang di lapisan bawah lalu brokoli
– Taburi keju dan basil
– Timpa lagi dengan kentang dan brokoli
– Beri cacahan daging, taburi basil + keju dan ditutup potongan tipis mozzarella
– Kukus hingga mozarella meleleh ataau bisa dipanggang oven.

Dengan takaran di atas, gratin bisa dinikmati untuk 3 orang.

Saya sengaja tidak menambahkan susu karena jenis masakan dikukus. Kalau untuk di oven bisa tambahkan susu cair yang sudah dicampur sedikit maizena.

Resep Frech Toast: Ini resep french toast rumahan

Selamat memasak. Selamat menikmati. Semoga bahagia. 🙂

 

nyammeeeh
soal rasa, dijamin nyammeeeh