Roti Tawar Isi Telur

Menu ini , sebut saja sandwich a la ngablak haha. Kreasi menu sarapan berbahan utama roti tawar dan telur ceplok dengan kombinasi memasak kemayu meniru seliweran di lini masa sosial media.

Akhirnyaa,,, jadilah sarapan beginian:

biar kenyang makan ginian dua 'tangkep' :D
biar kenyang makan ginian dua ‘tangkep’ 😀

Caranya semudah ini;

- roti tawar dilubangi tengahnya - panaskan penggorengan setelah diberi margarin - masukkan roti tawar yang berlubang, disusulkan telur ceplok ditengah lubang - goreng hingga telur matang/setengah matang
prosesnya begini…
  • roti tawar dilubangi tengahnya
  • panaskan penggorengan setelah diberi margarin
  • masukkan roti tawar yang berlubang, disusulkan telur ceplok ditengah lubang
  • kalau pengin perasa, beri potongan paprikan atau bawang bombai di bagian tengah telur, lalu taburkan sedikit garam dan merica bubuk
  • goreng hingga telur matang/setengah matang
  • siap disantap dengan tambahan selada
jadinya begini, cepat, gampang, dan oke juga.
jadinya begini, cepat, gampang, dan oke juga.

Telur Kukus Paprika Tomat

Telur rebus sebagai camilan berat rasanya sungguh biasa banget ya. Biar ganti suasana dan enggak bosen dengan asupan protein ini, maka penyajiannya bisa dikreasi macem-macem, salah satunya dikukus campur dengan sayuran.

Untuk resep ini saya memilih paprika hijau, tomat ceri, bawang bombai, basil kering, dan sedikit garam.

Telur kukus paprika tomat.
Telur kukus paprika tomat.

Ini rincianmembuat telur kukus paprika yang mudah banget:

Bahan

  • Siapkan telur ayam
  • Siapkan cetakan alumunium foil sesuaikan ukuran untuk satu telur
  • Potongan parika hijau
  • Potongan bawang bombai
  • Potongan tomat ceri
  • Daun basil kering/oregano/bubuk merica hitam
  • Garam & margarin secukupnya
  • Panci kukusan

Cara membuat

  • Olesi cetakan dengan margarin tipis saja
  • Pecahkan telur dan masukkan ke dalam cetakan
  • Beri isian potongan paprika, bawang bombai, tomat ceri sesuai selera
  • Taburkan daun basil kering dan atau bubuk merica hitam
  • Jika pengin rasanya asin, silakan beri tambahan garam ditabur secukupnya saja
  • Siap dikukus hingga matang
  • Sajikan untuk camilan berat, lauk nasi, atau campuran salad sayur
prosesnya gampang, tidak merepotkan/
prosesnya gampang, tidak merepotkan/
  • untuk isiannya bisa menyesuaikan selera, kira-kira apa yang menarik misalnya daun bawang, selederi, atau timun, dan cabai bagi yang suka pedas 🙂 

Bikin French Toast Sederhana

Roti tawar bisa jadi akan membosankan yaaa, kalau dimakan hanya dengan mentega, susu, keju, atau gula pasir saja.

Bisa juga sih dimakan dengan sayur dan telur ceplok jadi sandwich. Tapi, kali ini saya enggak mau bikin sandwich-sandwich-an lah, mau kreasi lain mumpung punya telur dan susu.

french toast a la saya asin saja karena memilih susu bubuk tanpa gula.
french toast a la saya asin saja karena memilih susu bubuk tanpa gula. (nina)

Yang sederhana untuk mendapatkan rasa lain dari roti tawar sebenarnya banyak juga langkahnya, soalnya ini makanan bisa dibikin macem-macem.

Yatapi sayanya pengin nyoba roti tawar yang ada di rumah buat jadi french toast. Roti goreng mentega rasa susu telur.  Kalau beli di warung kopi modern bisa mahal harganya, coba sinih bikin sendiri, kali aja rasanya bisa kayak duduk berdua di kafe sembari menanti hujan reda ditemani suami tercinta. Halah.

Ng, gini aja, saya udah nyoba bikin, singkatnya demikian:

Bahan

  • Sebungkus roti tawar isi 10 helai
  • 1 atau 2 telur
  • Setengah sch susu kental manis/dua sendok susu bubuk kalau tidak ingin terlalu manis/setengah gelas susu UHT
  • Mentega secukupnya untuk memanggang/menggorengnya

    begini tahapannya.
    begini tahapannya.

Cara Membuat:

  • Potong lembaran roti tawar jadi dua bagian biar menggorengnya gampang dan tidak terlalu besar
  • Kocok telur bersama susu. Kalau memilih susu bubuk berarti tambahkan air setengah gelas
  • Siapkan penggorengan dan panaskan mentega secukupnya, api sedang
  • Celupkan roti ke dalam cairan telur susu dan goreng hingga warna kekuningan dan telur dalam roti matang
  • Angkat dan siap disajikan. Bisa dimakan langsung atau ditaburi gula pasir.

Nb: bisa juga dilipas diselipi keju atau selai atau krim coklat dll.

Coba juga resep yang ini, Resep Bola Bola Coklat Sempel

Selamat mencoba 🙂

Resep Gampang Gratin Brokoli Kentang

Salah satu menu simpel yang saya coba adalah gratin. Sebelumnya, saya tidak tahu nama masakannya, kemudian suatu ketika saya makan jenis yang cukup mirip di salah satu hotel di negeri singa. Tentu saja rasanya lebih nikmat. Saya intip namanya: potato gratin.

Karena menyukai rasanya, juga bahan utama yang gampang didapatkan, saya beberapa kali mencobanya. Seperti biasa, mengandalkan pengawuran tanpa resep. Kalau pada umumnya gratin lebih mengutamakan bahan baku kentang, saya memilih brokoli. Tetapi pernah menyampurkan keduanya. Ternyata memang ada brocolli gratin hehe.

gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.
gratin brokoli kentang. sejauh ini, buatan saya enak banget haha.

Ini resep simpel gratin brokoli-kentang a la @ninangablak :

Bahan
– Dua kentang ukuran sedang iris tipis 0,5cm
– Satu batang brokoli besar potong kecil
– Daging asap/ham
– Mozzarella (saya siapkan seukuran staples sedang)
– Keju serut secukupnya, enggak pakai gpp
– Basil/peterseli kering
– Lada hitam bubuk
– Butter/mentega untuk oles wadah

sekilas prosesnya segampang ini :) yang warna kuning itu butter.
sekilas prosesnya segampang ini 🙂 yang warna kuning itu butter.

Cara membuat
– Kentang dikukus hingga matang, sisihkan, menyusul brokoli dikukus dan sisihkan
– Olesi wadah tahan panas dengan mentega/original butter
– Tata kentang di lapisan bawah lalu brokoli
– Taburi keju dan basil
– Timpa lagi dengan kentang dan brokoli
– Beri cacahan daging, taburi basil + keju dan ditutup potongan tipis mozzarella
– Kukus hingga mozarella meleleh ataau bisa dipanggang oven.

Dengan takaran di atas, gratin bisa dinikmati untuk 3 orang.

Saya sengaja tidak menambahkan susu karena jenis masakan dikukus. Kalau untuk di oven bisa tambahkan susu cair yang sudah dicampur sedikit maizena.

Resep Frech Toast: Ini resep french toast rumahan

Selamat memasak. Selamat menikmati. Semoga bahagia. 🙂

 

nyammeeeh
soal rasa, dijamin nyammeeeh

Kreasi Olahan Sayur & ‘Raw Food’

Kata banyak orang, you are what you eat. Setidaknya itu ada benarnya, mungkin, bagi sebagian orang. Apa yang masuk lewat mulut untuk dikunyah, berbanding lurus dengan kesehatan dan postur tubuh.

Kreasi salad sayur: Salad Sayur Selada Tuna

Saya enggak akan berteori makanan ini bisa bikin sakit, karbohidrat membuat gendut, gorengan bikin kolesterol dll. Saya hanya mau berbagi beberapa menu yang saya anggap cukup baik bagi tubuh dan saya masak sendiri untuk dinikmati, untuk tubuh saya dan tentu saja pak bojo tercinta.

Ini menu sayuran dan beberapa tambahan lauk yang pernah saya buat dan didokumentasikan; kebanyakan sayuran hanya saya rebus, sesekali menambahkan bumbu dalam tumis, menyiapkan sambal kacang/pecel, atau membagi sebagian sayur dengan separuhnya dibumbu tumis.

raw brok

brok bumbu

waw

say

Setidaknya beberapa kombinasi tersebut sudah sangat nyaman untuk lidah dan perut. tinggal porsinya saja ditambah biar kenyang.

Beberapa kombinasi salad juga sering saya buat. Selamat mencoba bagi yang tertarik makan sayuurrr.

Bola Bola Coklat dari Dapur Sendiri

Bola-bola coklat! Yuhuu, itu salah satu kesukaan mas bojo…aarrgggh, lemu, lemu! Eewww.

Selama ini pula, menikmati bola bola coklat dari membeli -setiap kali melihatnya di deretan aneka kue- soalnya jenis camilan berat ini tak banyak dijual. Setidaknya, setahu saya begitu.

bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)
bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)

Nah, pekan ini kami bisa menikmati legitnya bola bola coklat agak puas, soalnya ada yang bikinin di rumah. Temanku Yosefa Charita membuatnya di pondok sumuk permai di Semarang. Ihiy, lumayan banget.

Baru sepekan dia datang ke rumah, sudah mbantu masak dan tentunya bikin bolbolcok. Yuk mari intip cara buatnya; gampang kok.

Bahan:
– 30 biskuit marie (bisa berbagi 15 marie, 10 oreo)
– 2 bks susu kental manis coklat
– sebungkus kecil meses
– setengah cangkir susu krim cair (atau bisa diganti air putih saja)
– dua tetes rhum, enggak pakai tak apa 😁

Cara membuat:
– hancurkan marie dan oreo yang sebelumnya dipisah dari gulanya
– tuangkan susu kental manis, campur rata (kalau pakai rhum campur sekalian)
– kalau masih belum bisa dibentuk bola bola, tambahkan air menyesuaikan saja
– bentuk adonan jadi bulatan
– tuang meses di wadah yang beda dan gulirkan bola bola coklatnya
– bisa didinginkan dulu di freezer dan siap disantap.

bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.
bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.

Lumayan banget loh, dari total bahan yang disiapkan kira-kira habis Rp35.000 bisa jadi ±20 bolbolcok diameter 2,5cm.

Mau kreasi ayam? Bisa coba ini Resep Ayam Ungkep Bumbu Simpel

Yang mau coba, silakaaan 🙂

wpid-wp-1438224035047.jpeg