Terong Krispi pakai Tepung Instan

Masa kini, aneka sayur bisa dimodifikasi kan ya buk-ibuk 😄 Selain semakin tinggi kreativitas untuk menekan kebosanan menu [eh gimanaa] … juga munculnya banyak bumbu instan yang memudahkan penghuni dapur mengeksplorasi kemungkinan kreasi menu-menu. Hadeuh.

Mau bilang kalau terung/terong bisa jadi camilan aja, nulisnya muter terminal lewat stasiun yah. Jadiii, pemirsa menu-dapur-mandiri, mungkin banyak yang sudah nyobain bikin atau sekadar nyicip terung goreng tepung kan yaaa 😎

Pada dasarnya mirip kalau goreng brokoli tepung atau jamur krispi. Lebih asyik lagi, sekarang banyak juga pilihan tepung krispi instan yang bisa dioptimalkan penggunaannya.


terung krispi kriuk kriuk kalau masih anget, lama-lama tepungnya lunglai wahaha

Sok atuh, saya mbikin terung krispi pakai tepung bumbu instan. Cekidot.

Bahan & Bumbu:

  • 1 buah terong dipotong 1 cm
  • 3 sdm tepung instan/krispi
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/2 sdm bubuk ketumbar
  • Bisa tambahkan daun bawang/kucai kalau punya
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur tepung dan ketumbar, kentalkan dengan air, jangan terlalu kental (kurang lebih 3/4 gelas)
  2. Masukkan potongan terung
  3. Panaskan minyak dan goreng potongan terung hingga matang kekuningan
  4. Terung krispi siap disantap langsung atau dicocol saus tomat-kecap.

Sayur Asem pakai Ebi

Ternyata, dari beberapa obrolan soal sayur asem: ada beberapa model resep memasak sayur rasa asam berkuah segar ini. Ada bumbu uleg, bumbu cacah, ada yang pakai terasi, tambahan daging-lemak, dan beberapa kekhasan lain. “Ya kayaknya tergantung daerahnya,” kata seorang kawan.

Dari beberapa jenis sayur asem, selama ini saya mencoba bumbu iris, jadi kuahnya lebih bening tidak keruh. Pernah juga pakai bumbu instan. Soal rasa ya relatif, asal pakai asam jawa ya kerasa kalau sayur-nya asem, ya kan. 😃

Belum lama ini, saya mencicip sayur asem yang pedas dengan kuah lebih pekat/kental. Pedas asam, nikmat. Ternyata, bumbu diulek. Satu lagi kuncinya: pakai terasi! dan juga kemiri. Sebelumnya kalau saya masak sayur asem tidak pakai kemiri hehe.


sayur asem pakai ebi, warnanya sih pucet, mungkin lebih cerah kalau pakai ulekan cabe merah 😀

Sampai akhirnyaaaa, saya nyoba bikin sayur asem bumbu ulek. Mau pakai terasi e e enggak punya. Terbitlah ide: EBI!!

Berikut resep sayur asemku:

Bahan & bumbu:

  1. Beli sepaket ‘sayur asem’ di swalayan Rp7.000 isi labu siam besar, terung ungu kecil, sepotong jagung manis, kacang panjang, kacang tanah pipil, dan daun melinjo/so
  2. 4 siung bawang merah (saya sengaja enggak pakai bawang putih)
  3. 1 butir kemiri
  4. Sepotong lengkuas
  5. Selembar daun salam
  6. Sebungkus kecil ebi (5-6 buah)
  7. Garam secukupnya
  8. Secuil/seruas jari gula jawa/aren
  9. Air untuk kuah
  10. Bisa tambah cabai kalau suka pedas

Cara Memasak:

  1. Didihkan 4 gelas air dalam panci
  2. Potong sayur dan ulek/blender semua bumbu kecuali lengkuas dan daun salam
  3. Masukkan labu siam dan jagung terlebih dahulu hingga setengah matang disusul terong, kacang, dan kacang panjang
  4. Tambahkan bumbu ulek dan cicip rasanya
  5. Jika sudah siap diangkat, masukkan daun melinjo terlebih dahulu hingga layu
  6. Angkat & bisa dinikmati.

Sambal Goreng Petai

Sambal. Sambel. Santapan pendamping ini kok banyaaaak banget ya macamnya. Semakin ke sini, ahli dapur tambah kreatif mengolah resep berbahan dasar cabai.

sambal bisa disimpan untuk beberapa hari jika tidak habis, lebih aman dan tidak lekas basi karena digoreng matang

Tapi, memang benar, menikmati sambal kadang tidak semudah membuatnya. Sambal yang nikmat adalah yang cocok dengan kudapan lain yang ada di sampingnya. Bumbu pengolahnya-pun perlu pas dan sesuai untuk mendapatkan rasa yang sip.

Saya sih selama ini cuma banyak beli sambal jadi yang botolan merek tertentu, atau beli di warung dengan tawaran aneka sambal jumlahnya puluhan.

Kok jadi panjang, padahal saya cuma mau berbagi resep sambal goreng campur petai. Cabainya dikasih hasil panen di desa, tomatnya juga. Nah petainya pun mendapat hibah dari satpam kantor yang lama ngendon di kulkas (makanya kulitnya menghitam haha).

Soal rasa, kali ini bikin dengan gembira, jadinya pas banget disantap dengan nasi hangat dan jamur krispi.

Resep sambal goreng pedas manis!

  • Cabai keriting & cabai rawit merah segenggaman tangan (15-an biji + 6 biji)
  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam/bubuk kaldu
  • 1 tomat ukuran sedang
  • 5 ebi haluskan
  • seiris gula merah/aren
  • minyak goreng secukupnya
  • petai sesuai selera. potong-potong
rasanya pedes manis. sip juga.

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali petai, beri 2 sdm minyak lalu haluskan, saya pakai blender bumbu biar cepat 😀
  2. Potong petai sesuai selera, mau bijian juga gpp, mau kupas kulit dalam juga silakan
  3. Siapkan teflon di atas api, masukkan sambal halus lalu tambahkan potongan petai
  4. Cicip rasa dan biarkan sambal sedikit berubah warna dan asat kandungan airnya
  5. Jadinya, petai biasanya tidak terlalu matang. bisa disimpan untuk beberapa hari di wadah tertutup.
  6. Selamat mencoba dan menikmati.

Ayam Kampung Goreng a la Bu Toha

Bicara ayam goreng sudah umum banget yaaa. Para penghuni dapur palingan juga udah hafal luar kepala untuk bumbuin makanan sejuta umat ini. Apalagi, sekarang banyak banget dijual bumbu instan atawa bumbu jadi buatan pedagang pasar.

Begitu pula saya, udah bejibun upaya goreng-menggoreng daging ayam. Dari modal geprek bawang putih dan tabur merica-garam, sampai yang gampang tinggal gulungin daging fillet ke tumpukan tepung bumbu.

Model yang goreng kremes, goreng basah (bacem), sampai goreng tepung udah dijabanin. Tapiiii, pengin banget ih bikin yang kayak dijual di warung ‘Ayam Bu Toha’ Tuntang, arah Salatiga.

Yang pernah ke sana pasti tahu deh, ayam kampungnya gurih disajikan panas dengan sambal bawang super hot dan lalapan yang seger abis.


ayam ungkep goreng. saya pakai gula jawa jadi lebih manis, kalau modnya Bu Toha asin gurih yaaa.

Jadilah cita-cita bikin ayam goreng gurih model Bu Toha coba dipraktik di rumah. Yaaa, jadinya lebih manis tapi gurihnya dapet lah yaa… [Saya menduga sendiri] Ayam gorengnya pakai bumbu ungkep kuning.

Bahan & bumbu dihaluskan:

  • 1 ayam kampung utuh & potong
  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 3 cm ruas kunyit
  • 1 cm ruas jahe (bisa skip)
  • 1 sdt ketumbar tumbuk
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula (bisa skip)

Bumbu tambahan:

  • 2 iris lengkuas (bisa diparut/dihaluskan)
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Batang serai
  • Air jeruk nipis buat baluran daging ayam juga boleh
  • Minyak untuk goreng bumbu
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus, panaskan minyak dan goreng bumbu halus disusul bumbu tambahan hingga harum
  2. Masukkan ayam dan ungkep goreng sebentar lalu tambahkan air & garam
  3. Cicip rasa, setelah pas dan ayam empuk, bisa disisihkan
  4. Ayam siap digoreng, atau bisa juga langsung dimakan bagi yang udah kelaperan

Selamat mencoba!

Kolak Ubi Santan Instan

Menu ini super sederhana, dari bahannya juga cara membuatnya. Apalagi, sekarang ini gampang banget dapetin santan instan -kalau enggak mau repot-. Yang pengin variasi tinggal tambah bahan lain, yang kurang seneng gula merah bisa ganti gula pasir.


kolak ubi manisss

Bahan:

  • 3 ubi ukuran sedang, kupas & potong-potong
  • 1 bungkus santan kental instan
  • 2 batang gula merah cetakan kecil
  • 1 sdt garam atau menyesuaikan
  • 1 lembar daun pandan (bisa skip)
  • 5 gelas air atau secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak air dalam wadah hingga mendidih, masukkan semua bahan kecuali santan
  2. Kira kira 10 menit atau ubi sudah empuk, tambahkan santan kental dan cicip rasanya
  3. Siap disantap jika sudah matang dan pas rasanya.

Selamat memasak.

Trancam Buatan Sendiri

Saat masih menyimpan parutan kelapa, kepikirannya kepengin sekali bikin sayur gudhangan, tapi stok sayurnya minim, jadilah membuat trancam. Sayur mentah a la kadarnya, yang penting ‘sambalnya’ sukses di percobaan pertama. Yes!! Salad Jawa.


penampakan trancam daun kenikir & timun

Bahan-bahan:

  • kelapa parut (1/4 bagian kelapa)
  • segenggam daun kenikir & kemangi kalau ada, petik siangi & cacah
  • ketimun, buang isinya lalu cacah
  • buncis muda/kacang panjang, potong-potong
  • bisa ditambahkan taoge/kecambah

Bumbu Halus:

  • (Semua bahan bumbu diblender halus)
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 cm ruas kencur
  • 2 buah cabai merah & cabai rawit selera
  • 1/2 bagian gula merah cetakan kecil, iris halus
  • garam secukupnya

Cara Mengolah:

  1. Campur parutan kelapa dengan bumbu halus, koreksi rasa jika kurang asin – semoga enggak keasinan
  2. Kukus Parutan kelapa bumbu kurang lebih 10 menit, sisihkan
  3. Siapkan bahan sayur potong dan campurkan semua sayur mentah
  4. Aduk dan campur sayur dengan sambal kelapa
  5. Trancam siap dilahap 🙂

Note: sambal trancam menurut saya bisa menjadi sambal gudhangan/urapan digunakan untuk campuran sayur/daun kukus.