Ayam Kampung Goreng a la Bu Toha

Bicara ayam goreng sudah umum banget yaaa. Para penghuni dapur palingan juga udah hafal luar kepala untuk bumbuin makanan sejuta umat ini. Apalagi, sekarang banyak banget dijual bumbu instan atawa bumbu jadi buatan pedagang pasar.

Begitu pula saya, udah bejibun upaya goreng-menggoreng daging ayam. Dari modal geprek bawang putih dan tabur merica-garam, sampai yang gampang tinggal gulungin daging fillet ke tumpukan tepung bumbu.

Model yang goreng kremes, goreng basah (bacem), sampai goreng tepung udah dijabanin. Tapiiii, pengin banget ih bikin yang kayak dijual di warung ‘Ayam Bu Toha’ Tuntang, arah Salatiga.

Yang pernah ke sana pasti tahu deh, ayam kampungnya gurih disajikan panas dengan sambal bawang super hot dan lalapan yang seger abis.


ayam ungkep goreng. saya pakai gula jawa jadi lebih manis, kalau modnya Bu Toha asin gurih yaaa.

Jadilah cita-cita bikin ayam goreng gurih model Bu Toha coba dipraktik di rumah. Yaaa, jadinya lebih manis tapi gurihnya dapet lah yaa… [Saya menduga sendiri] Ayam gorengnya pakai bumbu ungkep kuning.

Bahan & bumbu dihaluskan:

  • 1 ayam kampung utuh & potong
  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 3 cm ruas kunyit
  • 1 cm ruas jahe (bisa skip)
  • 1 sdt ketumbar tumbuk
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula (bisa skip)

Bumbu tambahan:

  • 2 iris lengkuas (bisa diparut/dihaluskan)
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Batang serai
  • Air jeruk nipis buat baluran daging ayam juga boleh
  • Minyak untuk goreng bumbu
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus, panaskan minyak dan goreng bumbu halus disusul bumbu tambahan hingga harum
  2. Masukkan ayam dan ungkep goreng sebentar lalu tambahkan air & garam
  3. Cicip rasa, setelah pas dan ayam empuk, bisa disisihkan
  4. Ayam siap digoreng, atau bisa juga langsung dimakan bagi yang udah kelaperan

Selamat mencoba!

Ayam Kukus Daun Kucai

Menyiapkan menu rumahan itu kadang butuh kenekatan, seperti nekat bikin masakan sesuai selera dan bayangan rasa kita. Tidak ada salahnya, ternyata sebagian banyak dari proses ‘ngarang’ saya terhadap banyak bahan dan bumbu tidak mengecewakan kok.

Salah satunya ayam kukus bumbu daun (bawang) kucai. Awalnya hanya pengin cepet masak tanpa menggoreng dan mengolah dengan proses yang ribet. Alhasil ini salah satunya, yuk mari intip saja…

ayam kukus bumbu daun kucai
ayam kukus bumbu daun kucai

Bahan: daging ayam fillet potong

Bumbu: daun bawang kucai, garam, bubuk lada hitam, daun basil kering, cuka apel (skip juga bisa)

Cara membuat:

  • siapkan ayam potong dalam wadah,
  • potong daun bawang dan campurkan dengan ayam, ditambah semua bumbu yang disiapkan,
  • takaran bumbu sesuai selera tapi daun bawangnya yang banyak ya,
  • ungkep atau diamkan semalam dalam kulkas, tidak perlu di frezzer. kalau waktu mepet ya ungkep satu jam saja,
  • kukus hingga matang dan siap untuk lauk.

    lauk atau camilan yang tidak mengecewakan :-D
    lauk atau camilan yang tidak mengecewakan 😀

Mudah dan gampang pang pang…

Ayam Ungkep Bumbu Sayur

Daging ayam digoreng sudah biasa banget, mau goreng bawang, goreng tepung, goreng kremes, goreng bacem, goreng apa lagi coba… ya goreng  karage, tapi tetap pakai ungkep segala baru bisa goreng.

Lepas dulu deh dari goreng-menggoreng, kalau masih menyimpan daging ayam fillet, bisa coba nih resep bumbu ungkep seperti yang saya buat ini.

daging ayam kukus ini juicy, rasa paprika dan tomatnya masih seger looh :p
daging ayam kukus ini juicy, rasa paprika dan tomatnya masih seger looh :p

Bahan & bumbu;

  • ayam fillet potongan besar
  • paprika
  • tomat ceri
  • bawang bombai
  • merica bubuk
  • oregano/peterseli/basil kering
  • garam/saus raja rasa
  • vinegar (cuka apel)

Cara membuat;

  • belah daging ayam pada bagian tengahnya tapi jangan sampai terpisah lalu dilumuri cuka apel dag garam/saus raja rasa secukupnya, merica bubuk, dan basil kering
  • taruh potongan paprika, bombai, dan tomat ceri di sela-sela daging yang telah dibelah
  • beberapa potongan bumbu dayur bisa ditaburkan, kemudian…
  • ungkep/diamkan semalaman jika mau disantap pagai atau buat bekal… tapi bisa ungkep 1 jam saja untuk segera bisa diolah
  • kukus hingga matang
untuk hasil rasa yang meresap, lebih baik diungkep semalaman baru dikukus.
untuk hasil rasa yang meresap, lebih baik diungkep semalaman baru dikukus.

catatan: cuka apel saya gunakan karena pengalaman selama ini bisa membuat daging menjadi lebih kenyal dan lebih juicy hehe

ung

Siapa tahu tertarik buat ini: Resep French Toast rumahan