Bola Bola Coklat dari Dapur Sendiri

Bola-bola coklat! Yuhuu, itu salah satu kesukaan mas bojo…aarrgggh, lemu, lemu! Eewww.

Selama ini pula, menikmati bola bola coklat dari membeli -setiap kali melihatnya di deretan aneka kue- soalnya jenis camilan berat ini tak banyak dijual. Setidaknya, setahu saya begitu.

bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)
bola-bola coklat buatan Yosefa. (nina)

Nah, pekan ini kami bisa menikmati legitnya bola bola coklat agak puas, soalnya ada yang bikinin di rumah. Temanku Yosefa Charita membuatnya di pondok sumuk permai di Semarang. Ihiy, lumayan banget.

Baru sepekan dia datang ke rumah, sudah mbantu masak dan tentunya bikin bolbolcok. Yuk mari intip cara buatnya; gampang kok.

Bahan:
– 30 biskuit marie (bisa berbagi 15 marie, 10 oreo)
– 2 bks susu kental manis coklat
– sebungkus kecil meses
– setengah cangkir susu krim cair (atau bisa diganti air putih saja)
– dua tetes rhum, enggak pakai tak apa 😁

Cara membuat:
– hancurkan marie dan oreo yang sebelumnya dipisah dari gulanya
– tuangkan susu kental manis, campur rata (kalau pakai rhum campur sekalian)
– kalau masih belum bisa dibentuk bola bola, tambahkan air menyesuaikan saja
– bentuk adonan jadi bulatan
– tuang meses di wadah yang beda dan gulirkan bola bola coklatnya
– bisa didinginkan dulu di freezer dan siap disantap.

bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.
bahan bisa ditambahkan roti tawar juga, selera saja. yang bawah itu, penyampuran biskuit untuk yg pake oreo jangan lupa pisahkan gulanya. pas adonan lembek, gula bisa dicampurkan lagi.

Lumayan banget loh, dari total bahan yang disiapkan kira-kira habis Rp35.000 bisa jadi ±20 bolbolcok diameter 2,5cm.

Mau kreasi ayam? Bisa coba ini Resep Ayam Ungkep Bumbu Simpel

Yang mau coba, silakaaan 🙂

wpid-wp-1438224035047.jpeg

Capcay Brokoli

Masakan capcay selama ini identik dengan kubis dan wortel kan ya? Paling tidak dua jenis sayuran itu seringkali wajib di menu ini.

Tetapi, sebagai penyuka brokoli, kali ini saya memanfaatkannya untuk jadi sayuran utama pada menu capcay yang saya buat.

Pilihan capcay brokoli juga dipilih sekaligus untuk memanfaatkan sayur yang ada di kulkas. Karena cuma brokoli yang ada. Plus sisa wortel dan jagung serut.

Bumbu yang dipakai pun juga sangaaaaat simpel. Intinya cuma bawang putih dan bawang bombai.

image

Yang pengin coba bikin, ini resepnya.

Bahan:
– setangkai brokoli ukuran besar potong kecil kecil
– 2 wortel ukuran dua ruas jari, potong agak tipis sesuai selera
– jagung pipil/serut segenggam atau sesuai selera

Bumbu:
– dua siung bawang putih, geprek aja
– bawang bombai (sesuaikan saja)
– merica bubuk
– garam
– gula pasir
– kecap asin raja rasa biar a la ala warung chinese food hehe
– 1sdt tapioka kalau mau kuah agak kental
– minyak goreng dan air secukupnya

Cara memasak:
– panaskan minyak goreng, tumis bawang geprek disusul bawang bombai sampai layu dan wangi bumbu
– masukkan potongan wortel dan jagung serut
– beri 2sdm kecap raja rasa, merica, gula, lalu tambahkan setengah gelas air
– susulkan brokoli
– tambahkan tapioka yang sudah dicairkan dan icip untuk memastikan rasanya
– tunggu brokoli agak laku, angkat.
– YAKSIP

Buat yang mau modifikasi ditambahkan telur juga bisa. Telur dicampurkan setelah bumbu bawang agak layu dan kasih sedikit air.

image
Capcay brokoli siap dinikmati, cocok juga dimakan tanpa nasi dengan tambahan ayam karage.

Bikin Cendol Dawet Instan

Saya termasuk penyuka kuliner tradisional Jawa, termasuk aneka jenis minuman daerah dan jejamuan. Yang khas dari minuman daerah Jawa (Tengah) adalah es dawet atau banyak juga yang menyebut es cendol.

dawet bikinan sendiri. rasanya mayaan.
dawet bikinan sendiri. rasanya hmm lumayaan 🙂

Ngomong soal dawet, yang terlintas seringkali minuman khas Banjarnegara. Membayangkannya bikin hauuus. Minuman bersantan dengan isian dawet/cendol dan pemanis gula jawa atau sirup. Yang mau sedep lagi bisa ditambahkan irisan nangka saat merebus gula jawa.

Sekarang ini, bikin dawet atau cendol tidak terlalu sulit. Soalnya, sudah ada bahan instan di sejumlah toko swalayan. Alhasil, saya yang belum pernah membuat dawet, bisa dengan berhasil menciptakan butiran kenyal yang warnanya ijo ituuu…

bahan dawet instan harganya Rp7.500 sebungkus
bahan dawet instan harganya Rp7.500 sebungkus

Ringkasnya demikian:
– beli satu bungkus bahan instan tepung dawet merek ‘sruut’. bisa pilih rasa pandan hijau, frambozen merah, dan vanila putih.
– komposisinya tepung sagu, tapioka, tepung kacang hijau, perisa

campuran bahan dawet instan sudah mulai mengental ketika dimasak di atas api sedang
campuran bahan dawet instan sudah mulai mengental ketika dimasak di atas api sedang

Cara membuat:
– campurkan 100gr sebungkus bubuk tepung dengan 600cc air, aduk rata
– panaskan di atas api sedang, aduk perlahan hingga tepung dan air mengental dan berubah warnanya kematangan
– siapkan wadah berisi air dingin/es untuk menampung dawet
– tuangkan bahan dawet yang mengental dengan cetakan. saya pakai parutan bumbu yang lubangnya agak besar
– dawet/cendol akan terbentuk setelah masuk ke air es dan siap disajikan jadi minuman

 

saya pakai parutan untuk mencetak dawet hehe
saya pakai parutan untuk mencetak dawet hehe

 

 

untuk santan saya cairkan santan instan dengan 4 gelas air lalu tambahkan gula merah/pasir sesuai selera, tabur sedikit garam untuk memantapkan rasa. Mantaaap.

 

wpid-img_20150623_213140.jpg

 

 

 

 

 

dawet bikinan sendiri mah enak aja 😀

Puding Telur Gula Jawa

Menu agar-agar atau puding telur dengan manis gula jawa ini saya dapat dari teman kantor duluuu, pada 2008.

Karena saya suka dengan gurih santan dan legitnya gua jawa, tertariklah untuk tahu bagaimana membuatnya.

puding atau agar-agar telur gula jawa. legit kenyal.
puding atau agar-agar telur gula jawa. legit kenyal.

Tyas Ratnawati, teman saya itu, kemudian memberi tahu detil resepnya, sayang saya lupa. Alhasil, agar-agar telur gula jawa yang saya bikin adalah hasil mengingat sebagian langkah dari pembuatan pudingnya Tyas. No problem, rasa tetap masuk di lidah, apalagi lapar.

wpid-img_20150620_140151.jpg

ini versi yang telurnya pecah saat diaduk hehe
ini versi yang telurnya pecah saat diaduk hehe

 

 

penyajiannya bisa ditaruh di mug/gelas jadi sekalian bisa disantap, atau juga bisa diiris tipis.

 

Kalau mau coba, bahannya berikut ya:
– 1 bungkus agar-agar, biasanya saya beli yang merek swallow
– 1 telur ayam
– 1,5 – 2 gula jawa diameter 5cm
– garam secukupnya
– air 2,5 gelas
– santan 1 bungkus (sch)

Cara membuat:
– tuang air dan campur dengan bubuk agar-agar, masukkan gula jawa yang sudah diserut
– masak di api sedang hingga gula jawa mencair lalu saring (kalau pengin agar-agarnya jernih, karena gula jawa biasanya ada serat kelapa atau pasirnya)
– tuangkan santan instan, tambahkan garam seperlunya, aduk rata
– setelah hampir mendidih, masukkan telur ayam yang sudah dikocok ringan – aduk santai saja
– tuang di wadah/cetakan puding, diamkan, dan siap disantap

*bisa juga ditambahkan irisan nangka untuk tambahan rasa

Resep Lumpia [lunpia] Kakap

Lumpia atau nama tepatnya lunpia adalah makanan khas Semarang dari tepung yang biasanya berisi beberapa jenis olahan sayuran, daging dan telur.

Warga Karangwaru, Yogya, Arianti, mengganti isian daging menggunakan ikan kakap dan bahan campuran lain.

lunpia kakap. Foto: Desi Suryanto/Harian Jogja
lunpia kakap. Foto: Desi Suryanto/Harian Jogja

Dalam olahan isian lumpia yang disertai ikan kakap, Arianti tidak menambahkan bahan untuk mengurangi bau amis. Tetapi, bahan campuran isian ditambah pelengkap berupa yogurt atau sari susu asam.

”Biarpun dicampur banyak bahan, kakapnya tetap terasa,” katanya, Kamis (20/12/2012).

Untuk bahan isi lumpia, ia menyampur banyak bahan diantaranya fillet kakap, kentang kukus, tofu, keju, yogurt, dan susu kental manis. Bahan-bahan itu masih ditambah dengan bumbu seperti bawang bombay, lada hitam, bawang putih, dan garam.

Jika biasanya makan lumpia didampingi cabai, daun bawang atau saus bawang, Arianti mencoba menggantinya dengan saus mayonaise keju.

”Biar ada variasi, mayonaise dicampur beberapa bahan termasuk air jeruk nipis,” lanjutnya.

Kekentalan saus yag dibuat didapatkan dari mayonaise, yogurt, dan susu kental manis. Saat membuatnya, selain rasa asam segar dari yogurt, air jeruk, dan mayonaise, Arianti menambahkan keju sehingga rasa saus semakin enak.

Resep Cheezy Lumpia Kakap

Bahan :
– 500 gram kakap fillet
– 250 gram kentang, dikukus lalu dihaluskan
– 100 gram tofu, dicincang
– 100 gram bawang bombay cincang
– keju sesuai selera
– 4 sdm susu kental manis
– 4 sdm yogurt plain
– 1 butir telur
– 10 kulit lumpia
– 1 butir telur, kocok lepas
– Tepung roti
– Tepung bumbu instan
– minyak goreng secukupnya

Bumbu :
– 1 sdt lada hitam halus
– 1 sdt garam
– 2 siung bawang putih
– penyedap rasa

Bahan saus Mayo Cheese :
– 100 cc susu kental manis
– 50 cc yogurt
– 3 sdm mayonaise
– 1 lembar keju
– ½ sdt air jeruk nipis
– 1 sdt gula pasir
– 2 sdm saus cabai

Cara membuat :
– Rebus ikan kakap hingga matang, tiriskan dan sisir kasar
– Cincang kasar tofu dan masukkan ke dalam telur, tambahkan sedikit penyedap rasa dan lada hitam
– Tumis bawang bombay, masukkan kakap dan tofu
– Tambahkan susu, yogurt dan keju. Aduk sampai bercampur dan matang
– Siapkan kulit limpia, lapisi kentang tumbuk yang dipipihkan disekitar kulit
– Beri isi tumisan, gulung bentuk limpia
– Celupkan gulungan basah ke dalam telur kocok, balur dengan tepung roti
– Goreng ke dalam minyak panas hingga matang
– Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan

Sumber resep : Arianti, dimuat Harian Jogja

Kakap Saus Lemon

Ikan kakap merupakan jenis ikan yang cocok untuk dijadikan makanan camilan. Biasanya disajikan dalam bentuk ikan goreng tepung. Kreasi lain dari jenis ikan diolah menjadi ikan goreng bungkus tepung roti dan isian untuk lumpia.

kakap saus lemon. Foto: Desi Suryanto/Harian Jogja
kakap saus lemon. Foto: Desi Suryanto/Harian Jogja

Kakap saus lemon

Jenis makanan ini berupa ikan fillet yang digoreng lapis tepung. Tampak luar akan menyerupai nugget. ”Biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus sambal instan, tidak ada salahnya dicoba dengan saus buatan sendiri,” jelas Diana Rosita, warga Gunung Ketur, Yogya, Kamis (20/12/2012).

Dalam membuat kakap saus lemon, Diana mengaku tidak kesulitan mengingat resep tersebut cukup sederhana dan gampang dipraktikkan. Bahan-bahan pelengkap juga tidak sulit didapatkan.

Langkah awal untuk mengolah kakap yakni dengan memilih kakap fillet. Untuk menghilangkan bau amis dan meresapkan bumbu dilakukan dengan merendam daging ikan pada beberapa bahan.

”Biar terasa bumbu dan amisnya hilang diberi jahe dan air jeruk nipis, juga bumbu lain,” katanya.

Selain jahe dan jeruk nipis, bumbu untuk merendam ikan fillet yakni lada halus, garam, dan bawang putih. Sedangkan untuk pelapis ikan menggunakan campuran tepung roti, terigu, tepung beras, dan putih telur.

Sebagai kudapan, kakap saus lemon disajikan dengan saus dan pelengkap berupa kentang, buncis, brokoli, wortel, daun peterseli. Kecuali daun, semua bahan dipotong-potong dan direbus.

Resep Kakap Saus Lemon
Bahan :
½ kg kakap fillet
100 gram tepung roti
2 butir putih telur
200 gram tepung terigu
100 gram tepung beras
Minyak goreng secukupnya

Bumbu perendam ikan :
1 sdt lada halus
1 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
1 ruas jahe
2 siung bawang putih

Saus :
2 siung bawang ptih cincang
1 biji bawang Bombay cincang
2 sdm air jeruk lemon
1 sdt garam
200 ml air kaldu ayam
½ sdt tepung maizena

Pelengkap :
Kentang, buncis, brokoli, wortel, dan peterseli potong-potong

Cara membuat :
– Campur semua bumbu perendam hingga merata
– Masukkan potongan kakap fillet, rendam beberapa saat
– Siapkan adonan pembungkus ikan berupa tepung terigu dan tepung beras
– Balurkan ikan fillet yang sudah direndam ke dalam campuran tepung
– Balurkan ke dalam putih telur lalu ke dalam tepung roti
– Goreng hingga matang
– Membuat saus
– Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
– Tambahkan garam dan air kaldu, aduk merata
– Beri maizena dan air jeruk, aduk hingga matang
– Saus disajikan untuk lumpia

Sumber resep : Diana Rosita, dimuat Harian Jogja